Selasa, 11 November 2008

Makna Salah

Bagaimana pun kesalahan kita butuhkan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Timbulnya kesalahan adalah tanda diperlukannya cara-cara yang lebih baik. Membuat kesalahan dan bahkan gagal dalam melakukan sesuatu yang berguna adalah lebih baik daripada tidak pernah salah karena tidak melakukan apapun. Banyak orang terpelajar sangat teliti dan hati-hati memulai sesuatu. Mereka melakukan perencanaan matang, melakukan analisa dan review berulang-ulang, tetapi tak juga berani memulai karena takut salah. Padahal seandainya segera memulai, mungkin lebih banyak pelajaran yang diperoleh, baik itu berhasil maupun gagal.
Kesalahan dan kegagalan yang tidak kita hadapi dengan sungguh-sungguh, akan timbul lagi pada tempat dan kesempatan yang lain, bahkan dalam skala yang lebih besar. Kesalahan mempunyai bakat mengajak "kakaknya" (skala yang lebih besar) dalam kesempatan berikutnya jika kita sengaja menghindarinya. Dalam bahasa sederhana, jika kita "lari dari kenyataan", maka makin buruklah kenyataan yang harus kita hadapi dikemudian hari. (Mario Teguh-Buku Bambang Suharno)

1 komentar:

ary mengatakan...

Melihat judulnya q jadi teringat dulu pernah menulis ttg tema ini juga, judulnya mengambil bahasa iklan suatu merk pembersih pakaian..."ngGak Ada Noda Ya Nggak Belajar", intinya sih sama...bahwa kita akan banyak belajar dari kesalahan2 jika kita mau mengintrospeksi dan mengambil hikmah nya...So, yang penting kita udah berusaha untuk tidak salah, kalau toh salah juga kita jangan menyerah, tetap selalu belajar dari kesalahan...Alfa Edison yg kita kenal sebagai penemu lampu konon melakukan percobaan 1000 kali baru menghasilkan lampu yang saat ini masih terus dikembangkan...

Tetap Semangat dan Berjuang ya...
Keep Writing ya...Di tunggu...^-^